6 Jenis Mesin Digital Printing yang Biasa Digunakan dalam Bisnis Percetakan

Printer working at his new offset machine

Mesin cetak atau digital printer adalah salah satu mesin paling penting dalam bisnis digital printing. Tanpanya, bisnis digital printing tidak mungkin bisa berjalan, bahkan meski Anda memiliki tenaga desain ahli. Di sisi lain, memilih digital printer yang tepat juga cukup sulit. Itulah kenapa setiap pelaku bisnis digital printing harus tahu jenis-jenis mesin yang biasa digunakan dalam bisnis percetakan.

1. Mesin Digital Printing Indoor

Sesuai dengan namanya, mesin digital printing indoor adalah mesin yang dirancang khusus untuk mencetak media yang nantinya digunakan di dalam ruangan. Mesin ini bisa digunakan untuk mencetak poster, brosur ataupun x banner.

2. Mesin Digital Printing Outdoor

Mesin digital printing outdoor merupakan kebalikan dari mesin sebelumnya. Jika ingin mencetak spanduk, baliho, banner atau media cetak lain yang ditempatkan di luar ruangan, mesin cetak inilah yang digunakan. Karena untuk keperluan outdoor, tinta yang digunakan mesin digital printing ini tidak mudah luntur dan tahan terhadap perubahan cuaca.

3. Mesin Digital Printing Semi Indoor dan Outdoor

Bisa dibilang, mesin digital printing semi indoor dan outdoor adalah mesin gabungan antara digital printer indoor dan outdoor. Apakah itu spanduk ataupun poster, semua bisa dicetak dengan mesin yang satu ini. Untuk memastikan tinta tidak mudah luntur atau pudar, mesin digital printing semi indoor dan outdoor menggunakan tinta eco solvent yang ramah lingkungan.

4. Mesin Digital Printing Photography

Mesin digital printing indoor sebenarnya bisa digunakan untuk mencetak foto. Namun untuk hasil cetak yang lebih presisi dengan warna yang lebih tajam, mesin digital printing foto jauh lebih ideal. Karena spesialisasinya pada fotografi, mesin digital ini sering disebut mesin digital printing photography.

5. Mesin Digital Printing Tekstil

Untuk mencetak di atas kain tekstil, mesin ini sangat bisa diandalkan. Mesin digital printing tekstil mampu mencetak gambar atau desain digital langsung ke atas kain. Tinta yang digunakan juga aman untuk kulit. Karena sudah menggunakan teknologi digital, Anda masih bisa tetap untung meski menerima pesanan satuan.

6. Mesin Digital UV

Mesin digital printing UV merupakan mesin yang dirancang khusus untuk mencetak di atas media yang keras dan solid. Misalnya saja seperti kaca, keramik hingga besi. Detailnya juga bagus. Karena itu, mesin ini sering digunakan untuk mencetak custom casing handphone atau produk-produk custom lainnya, khususnya suvenir.

Untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, Anda juga membutuhkan mesin yang berbeda. Meski demikian, bukan berarti Anda harus memiliki semua jenis mesin digital printer untuk memulai bisnis digital printing. Fokus pada salah satu media saja juga tidak apa.

Ingin tahu lebih banyak seputar dunia digital printing? Di sini Anda bisa mendapatkan info digital printing lengkap.