Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Produk Minuman

Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Produk Minuman

Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Produk Minuman

Memotret produk seperti minuman memberikan tantangan tersendiri yang bisa Anda coba. Tidak perlu menggunakan kamera seperti DSLR, jika Anda bisa memanfaatkan smartphone, foto produk minuman bisa terlihat profesional.

Dengan proses memotret yang tepat, maka Anda bisa mengunggah di sosial media dan menarik banyak perhatian. Untuk tahu caranya memotret menggunakan smartphone, ketahui hal berikut ini:

  • Ketahui Smartphone

Sebelum menggunakan smartphone Anda, ketahui dahulu smartphone Anda. Mulai dari kemampuannya, fitur yang bisa digunakan hingga kualitas gambar yang dihasilkan. Ini karena spesifikasi dari kamera smartphone akan mempengaruhi hasil dari minuman yang Anda potret.

Jika Anda tahu plus minus kamera ANda, Anda bisa mengantisipasi hal tersebut. Misalnya kamera terlalu gelap, maka Anda bisa menggunakan lighting atau memotret saat siang hari ketika ada cahaya alami.

  • Hindari Zoom

Jika ANda hendak mendapatkan detail dari produk minuman yang Anda foto, hindari untuk menggunakan zoom. Zoom pada kamera justru cenderung membuat gambar menjadi tidak maksimal dan pecah. Jika Anda hendak memotret detailnya, akan lebih baik jika anda mendekat atau dengan lensa eksternal.

  • Background dan aksesoris

Tentukan akan menggunakan background seperti apa dan bagaimana warnanya. Jikapun Anda ingin memotret dengan background yang alami maupun komputer dengan tampilan website untuk nonton barbie, sebisa mungkin buat foto berfokus pada minuman atau memotret foto bokeh.

Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Produk Minuman
Trik Gunakan Smartphone untuk Foto Produk Minuman

Cara tersebut dilakukan agar foto produk minuman tidak terganggu fokusnya misalnya oleh orang yang lewat atau pada tampilan di komputer. Jika susah, Anda bisa menggunakan background polos yang bisa menonjolkan dan memaksimalkan produk yang difoto. Tambahkan aksesoris misalnya potongan buah, agar foto tersebut menjadi lebih menarik.

  • Pencahayaan

Sesuaikan pencahayaan dengan apa yang ingin Anda tonjolkan. Anda bisa menggunakan pencahayaan alami dengan memotret di siang hari. Hindari menggunakan flash karena bisa merusak hasil foto Anda. misalnya menjadi terang di satu sisi saja. Akan lebih baik jika menggunakan lampu duduk yang dipasang di kiri dan kanan produk agar pencahayaan menyebar dengan merata.

  • Angle

Perhatikan angle pengambilan gambar untuk produk minuman terutama untuk detail seperti potongan buah yang ada di minuman tersebut. Pengambilan gambar bisa dari depan, samping, sering ataupun atas dengan teknik flat lay.

Pengambilan dari atas akan tepat digunakan terutama untuk anda yang ingin mengambil gambar art seperti yang ada di cappuccino, latte ataupun minuman yang lainnya. Jika Pun ingin mengambil detail kesan dingin pada gelas, Anda bisa memposisikan kamera dari serong ataupun depan.

Dengan cara pengambilan gambar tersebut dan dikombinasikan dengan pencahayaan yang tepat, akan membuat foto produk minuman Anda menjadi lebih berkesan. Selamat mencoba dan berkreasi ya.