Tips Membuat Website Online Shop: Gunakan Plugin yang Tepat

Tips Membuat Website Online Shop: Gunakan Plugin yang Tepat

Tips Membuat Website Online Shop: Gunakan Plugin yang Tepat

Saat ini banyak website yang dibuat untuk keperluan bisnis, misalnya online shop. Untuk membuatnya, ada salah satu tips membuat website online shop yang tak boleh dilupakan yaitu instalasi plugin.

Plugin untuk online shop berbeda dengan plugin yang Anda gunakan untuk website biasa. Plugin ini sendiri berfungsi untuk mengembangkan dan memodifikasi fungsi utama dari platform yang Anda gunakan. Jadi, tanpa plugin tersebut, online shop Anda tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Plugin Online Shop WordPress

Jika Anda menggunakan platform WordPress, jangan lupa untuk memasang plugin seperti berikut ini:

  • WooCommerce

Jika membuat olshop, maka WooCommerce perlu untuk digunakan. Fungsi dari plugin ini adalah untuk membuat online shop terutama e-commerce. Jadi, tanpa menginstal WooCommerce, WordPress yang Anda buat hanya akan menjadi website biasa.

Tips Membuat Website Online Shop: Gunakan Plugin yang Tepat
Tips Membuat Website Online Shop: Gunakan Plugin yang Tepat

WooCommerce memiliki beberapa fitur, diantaranya:

  • Integrasi PayPall.
  • Pilihan lokasi pengiriman.
  • Laporan penjualan.
  • Pengaturan stok barang.
  • Fitur kupon.
  • Metode pengiriman.
  • Proses pembayaran.

Selain fitur tersebut, ada banyak fitur lain yang bisa Anda aktifkan. Salah satunya adalah Sensei yang berfungsi untuk mengubah situs ke LMS (Learning Management System). Jadi, tips membuat website online shop yang tak boleh terlewat adalah install WooCommerce.

  • WP eCommerce

WP eCommerce bisa jadi pilihan lain untuk membuat toko online. Plugin ini membantu Anda untuk mengelola toko online, misalnya untuk produk digital, membership atau yang lainnya.

WP eCommerce dilengkapi dengan banyak fitur, diantaranya:

  1. Adanya pilihan pembayaran.
  2. Pengaturan layout.
  3. Pilihan pengiriman.
  4. Proses checkout yang efisien.
  • Easy Digital Download

Untuk membuat olshop dengan produk barang digital, Anda memang bisa menggunakan jasa web Bandung. Namun, jika Anda membuat sendiri Anda perlu untuk menginstal plugin Easy Digital Downloads.

Easy Digital Downloads memungkinkan Anda untuk bisa mengunggah dan menjual item digital di online shop yang Anda buat. Salah satu keunggulannya, Anda bahkan bisa menyimpan file produk di penyimpanan eksternal seperti Dropbox.

Untuk memaksimalkan peran online shop, Easy Digital Downloads memiliki fitur, diantaranya:

  1. Integrasi mailing list.
  2. Pilihan proses pembayaran.
  3. Integrasi afiliasi bayaran.
  • MemberPress

Plugin di WordPress ini khusus untuk online shop yang bersifat keanggotaan. Jadi, website membership hanya bisa diakses oleh anggotanya saja. Maka dari itu, jenis plugin ini juga digunakan untuk website afiliasi.

Untuk memaksimalkan fungsinya, maka plugin ini menawarkan opsi analisa dengan adds on. Anda bahkan bisa mengubah website sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk fitur, MemberPass memiliki beberapa fitur unggulan, diantaranya:

  1. Menetapkan biaya pendaftaran untuk user.
  2. Membuat multiple membership tiers.
  3. Sistem afiliasi.

Pengelolaan pembayran dan akses misalnya ke tutorial, informasi dan insight.

Itulah beberapa plugin yang perlu Anda tahu jika membuat website online shop. Semoga dengan informasi tips membuat website online shop di atas, bisa membantu Anda ya.