Plus Minus Penggunaan Kayu yang Bagus untuk Lantai Rumah

Plus Minus Penggunaan Kayu yang Bagus untuk Lantai Rumah

Plus Minus Penggunaan Kayu yang Bagus untuk Lantai Rumah

Untuk rumah minimalis atau rumah dengan konsep tradisional, banyak rumah yang menggunakan lantai kayu. Apalagi saat ini sudah banyak lantai kayu dengan motif yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, penggunaan kayu yang bagus untuk lantai rumah tetap memiliki plus minusnya.

Sebelum Anda terlanjur memilih lantai kayu untuk rumah Anda, akan lebih baik jika Anda menyimak plus minus berikut ini.

Keunggulan Lantai Kayu untuk Rumah

Jika Anda mampu memilih dan mengaplikasikan kayu yang bagus untuk lantai rumah, Anda bisa mendapatkan keunggulan berikut:

  • Rumah Lebih Menarik

Lantai kayu membantu untuk memberikan efek visual pada interior rumah. Rumah yang tadinya terlihat biasa saja menjadi luar biasa.

Apalagi, lantai kayu dapat dikombinasikan dengan perabotan apapun. Dengan begitu, tampilan interior Anda akan terlihat lebih menarik.

  • Lebih Awet

Lantai kayu ternyata dapat bertahan hingga 20 tahun. Dengan ketahanan yang cukup lama tersebut, membuat Anda tidak perlu terlalu sering merawat atau mengganti lantai.

Agar lebih awet, Anda hanya perlu menjaga kelembaban lantai dan melakukan coating. Untuk recoating, Anda bisa melakukannya per 3 bulan sekali.

  • Ruangan Lebih Hangat

Dibandingkan dengan rumah berlantai keramik, rumah berlantai kayu cenderung memiliki suhu lebih hangat.

Plus Minus Penggunaan Kayu yang Bagus untuk Lantai Rumah

Ini karena secara alamiah, kayu mampu menyimpan panas di siang hari. Alhasil, suhu ruangan saat malam hari cenderung lebih hangat.

Jadi, kalau kamu tinggal di dataran tinggi, kamu tidak akan mudah kedinginan.

  • Baik untuk Kesehatan

Ternyata, lantai kayu dapat mengurangi pengaruh VOC atau Volatile Organic Compounds. VOC merupakan senyawa organic yang bisa menguap di tekanan ruang dan temperatur tinggi. VOC ini bisa mempengaruhi kesehatan karena sifatnya yang karsinogenik.

Apa hubungannya dengan lantai kayu? Lantai kayu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan suhu ruangan. Alhasil, ruangan tetap terasa hangat dan efek negatif VOC bisa diminimalisir.

Kelemahan Lantai Kayu untuk Rumah

Sayangnya, lantai kayu juga memiliki kelemahan, diantaranya:

  • Mudah Keropos

Lantai kayu yang tidak dirawat dengan baik bisa membuat lantai cepat keropos dan lapuk. Bahkan, bau sedap akan tercium dan membuat ruangan tidak nyaman.

Karena itu, ketika Anda memilih lantai kayu, Anda perlu perawatan seperti coating, pembersihan rayap. Selain itu, jika Anda punya hewan peliharaan, rajin-rajinlah memotong kukunya. Dengan begitu, lantai rumah dari kayu tetap terjaga.

  • Mudah Lembab

Lantai kayu mudah lembab dan mudah keropos. Untuk mengurangi kelembabannya, Anda bisa mengelap lantai dengan lap kering atau vacuum cleaner.

  • Susah Dibersihkan

Lantai kayu susah dibersihkan jika sudah terkena noda atau tinta. Bahkan, air dari bawah gelas yang menempel pada lantai kayu juga susah dibersihkan.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati saat membersihkan dan meletakkan benda di atas lantai kayu.

Dari plus minus tersebut, Anda bisa menentukan, apakah akan menggunakan lantai kayu atau tidak. Jika Anda ingin tahu jenis lantai kayu yang bagus untuk lantai rumah itu apa saja, jangan ragu untuk konsultasi dengan Dina Desain ya.