Hati-Hati! Ini Ciri Lowongan Desain Interior Bandung Palsu

Hati-Hati! Ini Ciri Lowongan Desain Interior Bandung Palsu

Hati-Hati! Ini Ciri Lowongan Desain Interior Bandung Palsu

Setelah lulus sekolah atau kuliah, tentu mendapatkan kerja menjadi tahapan penting selanjutnya yang harus dilakukan. Namun, Anda harus berhati-hati karena ada saja lowongan desain interior Bandung palsu yang beredar secara offline dan online.

Untuk mengantisipasinya, tentu Anda harus bisa membedakan mana lowongan desain interior Bandung yang asli dan yang palsu.

Ciri Lowongan Pekerjaan Palsu

Ada beberapa ciri lowongan pekerjaan palsu yang perlu untuk Anda waspadai, diantaranya:

Hati-Hati! Ini Ciri Lowongan Desain Interior Bandung Palsu
Hati-Hati! Ini Ciri Lowongan Desain Interior Bandung Palsu
  • Meminta Sejumlah Uang

Lowongan pekerjaan yang asli tidak akan meminta bayaran 1 persen pun dari Anda sebagai calon pelamar. Ketika Anda mendapati ada ketentuan dimana Anda harus mentransfer sejumlah uang, maka Anda harus waspada.

Apakah itu termasuk biaya administrasi atau pembayaran? Ya. Biaya tersebut termasuk biaya untuk pendaftaran. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dan jeli melihat persyaratan yang diberikan.

  • Informasi Tidak Spesifik

Umumnya, lowongan pekerjaan akan memberikan detail tertentu. Misalnya bekerja sebagai desain interior maka syaratnya haruslah lulusan pendidikan desain interior. Jika tidak, maka Anda harus waspada.

Informasi valid yang tidak spesifik yang dicantumkan perlu Anda waspadai. Bisa jadi informasi tersebut adalah info lowongan kerja yang palsu. Jika melamar, bisa saja data diri diambil dan digunakan untuk hal tidak bertanggung jawab atau bisa juga itu adalah kedok human trafficking.

  • Website Tidak Jelas

Jaman sekarang, salah satu sumber informasi yang menjanjikan adalah website. Ketika dicek website tersebut ternyata tidak memiliki informasi yang jelas bahkan menggunakan website gratisan, maka Anda harus hati-hati.

Cek dulu informasi yang tertera di website tersebut. Mulai dari media sosialnya, kontaknya, kantor fisiknya. Jika perlu, Anda hubungi kontaknya dan tanyakan secara langsung.

Jika dari hasil pencarian ternyata informasinya tidak jelas, maka urungkan niat melamar di tempat tersebut.

  • Gaji Tidak Masuk Akal

Banyak perusahaan abal-abal yang menawarkan gaji dengan jumlah tinggi. Bagi fresh graduate, tentu hal tersebut akan menggiurkan. Namun, Anda perlu mengecek lebih dahulu apa jobdesk-nya dan kemudian survey.

Lakukan survey tentang gaji desainer interior untuk fresh graduate ataupun senior. Dari survey tersebut Anda bisa tahu berapa kira-kira gaji yang akan Anda dapatkan.

Jika ternyata gajinya terlalu tinggi dengan jobdesk yang tidak sesuai, maka Anda harus waspada. Bisa jadi, gaji hanyalah suatu kedok untuk menarik calon pelamar.

  • Job Desk Tidak Jelas

Walaupun mendapatkan gaji rata-rata atau normal untuk fresh graduate, tapi, Anda juga perlu memperhatikan apa jobdesknya.

(baca: ukuran desain instagram)

Jangan sampai dengan gaji yang ditawarkan tersebut, jobdesk Anda bisa jadi sangat banyak sehingga tidak seusai.

  • Rating Perusahaan Buruk

Selain itu, cek juga rating perusahaan. Apakah perusahaan tersebut memiliki jejak yang buruk atau baik. Ketika yang Anda dapatkan adalah informasi buruk, misalnya perusahaan X melakukan penipuan, maka skip saja melamar.

Selain ciri di atas, perhatikan juga mengenai penggunaan email gratis perusahaan. Ada baiknya jika Anda mencari tahu secara mendalam mengenai  lowongan desain interior Bandung agar Anda tidak tertipu.