Cara Mengobati Diare Secara Alami

Cara Mengobati Diare Secara Alami

Diare merupakan penyakit yang lazim di musim pancaroba. Diare juga bisa terjadi karena kuman yang masuk bersama makanan dan lingkungan yang tidak bersih. Badan yang lemes karena berkali-kali mengeluarkan cairan, bisa membuat pekerjaan atau aktivitas yang lain terganggu total. Perut sakit melilit  datang terus-menerus membuat penderita diare tidak dapat menghindari aktivitas bolak-balik ke kamar mandi. Untuk segera menghentikan hal itu berikut cara mengobati diare secara alami yang dapat dilakukan.

Menghentikan Diare Dengan Mudah

  1. Oralit

Campuran gula dan garam yang dilarutkan dalam air putih ini merupakan cara termudah yang sudah dikenal semua kalangan untuk meredakan diare.  Cairan ini akan menggantikan cairan yang banyak dibuang oleh tubuh karena diare. Dengan begitu, oralit ini mejadi pertolongan cepat bagi tubuh saat kehilangan banyak cairan.

  1. Teh Kental

Teh mengandung senyawa tanin yang merupakan senyawa anti diare. Minum teh yang kental tanpa gula akan membantu menghentikan diare yang menyerang. Seduh daun teh dalam jumlah banyak dengan air panas untuk mendapatkan teh yang kental.

  1. Kunyit dan Madu

Kunyit merupakan jenis herbal yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit yang ada pada saluran pencernaan, begitu juga dengan diare. Paduan kunyit dan madu terbukti ampuh untuk meredakan diare. kurkumin berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalma nenangkal radikal bebas. Kunyit diperas untuk diambil airnya (jangan menambahkan air terlalu banyak), untuk menghilangkan rasa asli kunyit penderita diare bisa menambahkan madu, yang juga memiliki peran mengembalikan kekebalan tubuh.

  1. Sayur dan buah

Mendapatkan pasokan vitamin C dari sayur dan buah juga perlu dilakukan bagi penderita diare. Wortel, jambu biji dan pisang merupakan jenis sayur dan buah yang disarankan sebagai cara alami mengobati diare.  Wortel bisa dikukus atau dijus dan dikonsumsi tanpa gula. Wortel akan memperbaiki fungsi usus yang akan membantu meredakan diare pada penderita.

Sekian artikel dari kami dan semoga member banyak manfaat untuk anda dan keluarga agar tetap sehat.