Cara Membuat Desain Interior untuk Berbagai Jenis Ruangan

Ruangan yang baik adalah ruangan yang mampu mendukung kegiatan serta meningkatkan mood penghuninya. Untuk mencapai tujuan ini, cara membuat desain interior pun perlu disesuaikan dengan jenis ruangan dan fungsinya. Konsep interior untuk rumah pribadi tentu saja berbeda dari interior kafe.

Mendesain interior juga harus didukung dengan keahlian yang mumpuni serta perangkat dan aplikasi yang memadai. Semua unsur tersebut adalah resep untuk menghasilkan interior ruangan yang berfungsi maksimal sekaligus menarik secara visual. Kemudian, semuanya harus dipadukan dengan langkah-langkah yang tepat seperti uraian di bawah ini.

 

Cara Membuat Desain Interior

  • Tulis Spesifikasi Ruangan

Cara membuat desain interior yang pertama dimulai dari pengenalan spesifikasi ruangan. Spesifikasi meliputi banyak hal seperti luas tanah, fungsi ruangan, sampai ke poin-poin spesifik seperti alur kegiatan. Misalnya, interior kantor biasanya dimulai dari bagian absensi dan pengumuman di dekat pintu masuk. Baru disusul dengan penyusunan meja kerja dan diakhiri dengan lemari arsip di bagian paling belakang.

Lain halnya dengan interior kafe yang diawali dari resepsionis tempat pengunjung membuat pesanan, kemudian disusul dengan meja-meja. Beberapa kafe juga memiliki panggung untuk hiburan musik yang juga harus ditempatkan di posisi yang tepat. Semua ini harus Anda sesuaikan dengan luas tanah dan dirancang matang sejak langkah pertama.

 

  • Pilh Konsep Desain

Setelah Anda mengetahui spesifikasi ruangan yang ingin dibuat, cara membuat desain interior selanjutnya adalah menentukan konsep. Ada banyak konsep interior yang bisa Anda pilih, tergantung fungsi, tujuan, dan selera Anda. Masing-masing konsep memiliki ciri khas tersendiri dan biasanya relevan dengan jenis ruangan tertentu.

Jika Anda berencana untuk mendesain interior rumah, mungkin Anda bisa mencoba konsep minimalis yang sedang ramai di jagat arsitektur. Untuk desain kafe sendiri biasanya lebih cocok dengan konsep vintage dan elegan yang menghasilkan suasana tenang, ramah, dan bersahabat. Dari pemilihan konsep, Anda bisa mulai merencanakan jenis perabot dan elemen-elemen lain yang akan Anda taruh di ruangan.

 

  • Cari Inspirasi Sebanyak Mungkin

Jangan hanya terpaku pada ide Anda sendiri. Anda bisa memaksimalkan cara membuat desain interior dengan menggabungkan ide-ide dari berbagai sumber. Inspirasi bisa Anda dapatkan dari mana saja. Mulai dari kerabat dekat, rekan sesama desainer, sampai sumber-sumber luar.

Di internet, ada banyak situs yang menyediakan informasi mengenai inspirasi desain logo, desain iklan, desain interior, dan berbagai cabang desain grafis lainnya. Manfaatkan situs-situs semacam ini untuk memperkaya inspirasi Anda dan menghasilkan ide yang lebih cemerlang tentang konsep ruangan yang akan Anda buat.

 

Bereksperimen dengan Banyak Konsep dan Ruangan

Desain interior adalah bidang keahlian yang sangat menyenangkan. Jika memiliki waktu luang, Anda bisa mengasah kreativitas dengan membuat lebih banyak desain dengan konsep dan fungsi yang berbeda-beda. Ini akan mematangkan skill Anda dalam mempraktikkan cara membuat desain interior yang ideal untuk berbagai macam ruangan.