Cara Memasarkan Jasa Desain Interior untuk Kelas Pemula

Setelah menguasai keahlian desain interior, banyak orang bingung bagaimana cara memasarkan jasa desain interior. Apa lagi jika harus bersaing dengan desainer-desainer profesional yang sudah lebih berpengalaman dan bereputasi. Tentu tidak mudah untuk memasuki pasar, khususnya bagi pemula yang belum punya cukup jam terbang.

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan daya saing Anda di pasar desain interior. Meski pun Anda pendatang baru dan sedang berusaha mendapatkan klien pertama, tidak menutup kemungkinan bahwa jasa Anda akan dilirik dan digunakan oleh para pencari jasa. Beberapa tips tersebut bisa Anda baca pada uraian di bawah ini.

 

Cara Memasarkan Jasa Desain Interior

  • Tentukan Spesifikasi Keahlian

Cara memasarkan jasa desain interior yang pertama dimulai dengan menentukan spesifikasi keahlian Anda. Desain interior pun terbagi lagi ke dalam beberapa kategori seperti interior rumah, kamar hotel, kafe, restoran, dan masih banyak lagi. Semuanya memiliki ciri khas, tingkat kesulitan, dan tantangan yang berbeda-beda. Dari sekian banyaknya kategori desain interior, manakah yang paling Anda kuasai?

Misalnya, jika Anda paling berminat dengan interior rumah, maka sebaiknya Anda fokus menyediakan jasa desain interior rumah. Kategori itulah yang seharusnya Anda tonjolkan sebagai senjata utama Anda untuk menarik calon klien. Selain itu, menguasai kategori yang spesifik juga akan meningkatkan prestige Anda sebagai spesialis di kategori desain interior tertentu.

 

  • Buat Promosi

Setelah menentukan spesifikasi keahlian, cara memasarkan jasa desain interior selanjutnya adalah melakukan promosi. Anda bisa memasarkan jasa Anda ke berbagai situs freelance dan forum-forum desain interior. Kami sarankan untuk bergabung ke grup desain interior dan grup yang menurut Anda potensial untuk menjadi klien.

Misalnya, jika Anda menentukan spesifikasi keahlian di interior kafe, maka bergabunglah ke grup-grup yang beranggotakan para pemilik dan pengelola kafe. Kemudian, tawarkan jasa Anda pada mereka. Lengkapi dengan CV, kartu nama, dan portofolio untuk lebih meyakinkan calon klien.

 

  • Tentukan Harga Ideal

Salah satu bagian paling sulit dari cara memasarkan jasa desain interior adalah menentukan harga. Mencari harga ideal bukanlah perkara mudah, apa lagi untuk bidang keahlian yang sangat dinamis seperti desain interior. Setiap penyedia jasa memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan harga.

Jika harga yang Anda pasang terlalu tinggi, calon klien pasti memilih desainer lain yang menawarkan harga lebih rendah. Tapi harga yang terlalu murah juga akan membuat calon klien ragu atas kemampuan Anda dan menganggap bahwa Anda tidak benar-benar ahli. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum menentukan harga jasa desain interior.

 

Dapatkan Klien Pertama Anda!

Memang tidak mudah untuk bersaing di dunia desain interior. Tingkat kompetisi yang cukup ketat menuntut Anda untuk lebih keras memutar otak. Bersaing dengan desainer yang sudah bereputasi merupakan tantangan tersendiri bagi para desainer pemula. Lakukan promosi terus-menerus dan yakinkan calon klien Anda dengan contoh pekerjaan yang bisa Anda berikan. Dengan menerapkan cara memasarkan jasa desain interior di atas, Anda akan mendapatkan klien pertama yang menjadi gerbang karir Anda di desain interior.