6 Tips Membuat Website Online Shop

6 Tips Membuat Website Online Shop

6 Tips Membuat Website Online Shop

Website menjadi pilihan bagi sebagian besar pebisnis yang ingin melakukan online marketing. Lewat online shop tersebut, bisnis akan lebih mudah berkembang dan menjangkau pangsa pasar lebih luas. Karena itu, yuk intip tips membuat website online shop berikut ini agar Anda lebih mudah saat membuatnya sendiri.

  • Menentukan Nama Website

Tentukan terlebih dahulu nama website online shop yang akan Anda buat. Nama ini akan Anda jadikan identitas sehingga pengguna internet bisa membedakan mana olshop milik Anda dan mana milik orang lain.

Dalam menentukan nama website, jangan lupa untuk mengecek lebih dahulu apakah nama web tersebut sudah digunakan atau belum. Jika sudah, maka mau tidak mau Anda harus mencari nama lain untuk website Anda.

  • Tentukan Hosting

Karena Anda hendak membuat website untuk online shop, maka peran hosting sangat penting di sini. Misalnya mengenai bandwidth. Jika bandwidth terlalu kecil sedangkan trafik web Anda tinggi, maka akan menyebabkan website down.

Maka dari itu, cek spesifikasi hosting dan server. Pastikan spesifikasi minimal hosting adalah:

  1. 1 Core CPU dan 1 GB RAM jika trafik Anda rendah-menengah. Namun jika trafik tinggi, gunakan 2 Core CPU dan 2 GB.
  2. Disk space minimal 2GB.
  3. Menggunakan SSD.
  4. Unlimited inodes.
  • Platform Website

Tentukan platform website yang akan Anda gunakan. Pilih yang sekiranya mudah untuk Anda kelola dan salah satunya adalah WordPress. Platform ini memiliki beberapa keunggulan seperti:

  1. Mudah dikelola.
  2. Banyak tutorial WordPress yang bisa Anda pelajari.
  3. Mudah dikembangkan dan dioptimasi.
  4. Dilengkapi dengan plugin dan tema yang cukup lengkap untuk online shop.

Setelah Anda menentukan platformnya, Anda bisa menginstalnya. Pastikan jika instalasi yang Anda lakukan tepat agar online bisa diakses.

  • Tentukan Desain Website

Jangan lupa untuk menentukan desain website. Desain website ini akan membantu Anda untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik.

6 Tips Membuat Website Online Shop
6 Tips Membuat Website Online Shop

Bagaimana membuat desain website? Anda menggunakan aplikasi desain website baik yang online atau offline.

Setelah itu, Anda bisa mencari tema yang tepat untuk olshop Anda. Namun, dalam memilih tema olshop, ada beberapa yang perlu diperhatikan:

  1. Tema berbayar karena jenis tema ini lebih memiliki banyak keunggulan misalnya dari segi keamanan.
  2. Loading cepat.
  3. Bisa dirubah atau kustomisasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan online shop Anda.
  4. Interface yang menarik dan user friendly.
  5. Mendukung optimasi SEO.
  • Tambahkan Plugin

Jangan lupa untuk menambahkan plugin yang Anda butuhkan. Mulai dari plugin untuk SEO, keamanan, backing data hingga plugin untuk toko online.

  • Update

Tips membuat website untuk online shop yang terakhir adalah jangan lupa update. Update dalam hal ini tidak hanya berkaitan dengan isinya namun juga keseluruhan website. Salah satunya adalah mengenai keamanan data.

Itulah beberapa tips membuat website untuk online shop yang perlu Anda tahu. Semoga lewat informasi ini bisa membantu Anda menentukan apa yang perlu dilakukan.